Membuat replika Helm IRONMAN dengan Papercraft

Holla sobat Go-Blog , sudah lama ya ternyata ngga corat coret dinding Go-Blog, hehehe...

Sebenarnya aku bukan orang yang berprofesi atau sedang belajar dalam bidang desain dan prototyping. Aku adalah seorang staff edukatif di sebuah sekolah, nah beberapa hari yang lalu saat kebetulan mampir di prodi tetangga aku melihat para mahasiswa di prodi itu sedang asyik membuat prototipe. Mereka adalah mahasiswa Desain Produk dan saat itu mereka sedang mengerjakan tugas kuliah prototyping. Dari kejadian itu aku mulai tertarik dengan apa yang mereka kerjakan dan mulai bertanya tentang proses, bahan, dan melihat hasil kerja mereka.

Bagi sobat Go-Blog yang masih bingung apa itu prototyping, intinya prototyping itu adalah pembuatan/pewujudan desain yang mereka kerjakan kedalam barang/bentuk yang sebenarnya. Mereka iki menggambar 3D menggunakan SolidWorks kemudian di print polanya lalu dibentuk dan dikeraskan dengan menggunakan cairan resin.

Nah singkat cerita aku tertarik dan sudah membayangkan ingin membuat yang macam-macam terutama helm IRONMAN yang kebetulan aku menyukai filmnya. Setelah pulang kerja hari itu aku mulai melamun tentang helm IRONMAN namun aku kesulitan bagaimana cara menggambar nya. Malamnya aku mulai sibuk berguru dengan Eyang Subur, eh maksudku Eyang Google hehehe...untuk mencari tahu teknik pembuatan prototipe yang menggunakan bantuan komputer.

Contoh papercraft yang sudah jadi (tentu saja copas dari google :) )

Singkat ceritanya lagi aku menemukan software yang namanya pepakura, yaitu software yang bisa membantu mengubah gambar 3D kita menjadi pecahan pola 2D  (papercraft). Jadi kita bisa menggambar menggunakan SolidWorks dan menyimpan hasil gambar kita dalam bentuk file .STL yang kemudia kita buka dengan pepakura. Tetapi itu masih cukup rumit berhubung saya juga baru mengenalnya, dan tentu saja menggambar 3D benda serumit helm IRONMAN adalah masalah tersendiri.

Karena aku sudah mentok dan tidak bisa membayangkan lagi berapa lama waktu jika aku harus menggambar sendiri 3D helm IRONMAN, maka kemudian berguru lagi sama Eyang Google. Kemdian ketemu file sakti yang bisa menyelamatkanku yaitu file .PDO.

File .PDO adalah file pepakura, artinya ini adalah file yang sudah jadi. sehingga dengan file ini kita tidak perlu susah payah menggambar 3D sendiri hehehe...Tapi sebelum sobat Go-Blog download file .pdo sobat-sobat harus download dulu yang namanya Pepakura viewer cari saja di google ada banyak dan yang penting GRATISSS.... :)

Baca juga: Membuat replika helm Black Phanter

Untuk download file helm cekibrot link berikut:
Helm MARK III
Helm MARK VIII

Setelah selesai download sobat buka tuh file menggunakan Pepakura Viewer, dan hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut. Taraaa.....jadi deh tinggal print terus gunting-gunting pasang :p



Kalau sobat-sobat mau lebih nyata lagi maka, setelah papercraft jadi kemudian oles menggunakan resin, untuk teknik penggunakan resin silahkan dicari sendiri di google. kemudian di finishing dan di cat. yang hasilnya kira-kira bakalan mirip dengan ini.



Owh iya tulisanku yang lain yang membahas papercraft juga ada loh, salah satunya adalah membuat mobil homemade dengan model papercraft. Mungkin sobat-sobat tertarik juga ingin mambacanya, hehehe


Berikut adalah file .pdo untuk part selain helm:

LEGS
Left Shinguard (Letter)
IM_robo3687_leg_shin_left_unfolded_by_robo3687 (letter)
Right Shinguard (Letter)
IM_robo3687_leg_shin_right_unfolded_by_robo3687 (letter)
Left Thigh (Letter)
IM_robo3687_leg_thigh_left_unfolded_by_robo3687 (letter)
Right Thigh (Letter)
IM_robo3687_leg_thigh_right_unfolded_by_robo3687 (letter)
FOOT BOTH SIDES (NOTE: i joined the edges with less than .5mm should appear as a regular fold)
IM_robo3687_foot_unfolded_by_robo3687 (letter).pdo


HANDS
Hand Fingers(Letter) (Right?)
IM_robo3687_hand_fingers 1_unfolded_by_robo3687 (letter)
Hand Fingers (Letter)(Left?)
IM_robo3687_hand_fingers 2_unfolded_by_robo3687 (letter)
Hand Plate (Letter)
IM_robo3687_hand_handplate_unfolded_by_robo3687 (letter)
Hand Palm Left (Letter)
IM_robo3687_hand_palm_left_unfolded_by_robo3687 (letter)
Hand Palm Right(Letter)
IM_robo3687_hand_palm_right_unfolded_by_robo3687 (letter)


CodPiece(Letter) (Check this one before printing, it was a challenge hehe)
IM_robo3687_codpiece_unfolded_by_balmung (letter)

LEFT BICEP
IM_robo3687_bicepL_unfold_lotechstark (letter).pdo
LEFT FOREARM
IM_robo3687_forearm_Left_unfold_lotechstark (letter).pdo
LEFT SHOULDER
IM_robo3687_shoulderL_unfold_lotechstark (letter).pdo
RIGHT SHOULDER
IM_robo3687_shoulderR_unfold_lotechstark (letter).pdo

ABS
IM_robo3687_abs_unfold_lotechstark (letter).pdo
COLLAR PLATE
IM_robo3687_collar_plate_unfolded_by_balmung (letter).pdo
BRACE
IM_robo3687_mkVIbrace_unfolded_by_judge (letter).pdo
CHEST
IM_robo3687_chestVI_unfold_lotechstark (letter).pdo
BACK (I like the unfold by Balmung but it has too many pieces, i will upload the arrangement for the Jason02 Unfold for the people who dosnt like to work this way)
IM_robo3687_back_unfolded_by_balmung(letter).pdo (160 pieces)
IM_robo3687_back_unfolded_by_Jason02(letter).pdo (58 pieces)


Nah karena Udah sore, dan sebenarnya aku juga baru mau mencobanya sabtu besok saat liburan maka cukup sekian dulu ya sobat-sobat. Semoga tulisan ini bisa memberikan motivasi untuk kita semua  :)

Tulisanku yang lain tentang membuat mobil homemade dengan papercraft mungkin bisa menjadi sumber bacaan tambahan buat sobat-sobat.

salam Garuda!

XO

Comments

  1. thank'k gan...buat infonya...!!!

    ReplyDelete
  2. Gan mau tanya, kertas buat ngeprint nya pake yg type apa ya? Apa pake kertas a4 biasa apa ada yg khusus? Thanks

    ReplyDelete
  3. Aku pake kertar A4 biasa gan, cm kl bisa yang agak tebelan 80gram lah. Karena kl pake yg tebel tar agan enak lipet2 ama nge-lemnya hehehe...

    ReplyDelete
  4. gan mna hasil agan

    ReplyDelete
  5. gan link helmx gagh bsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicari digoogle aja gan, cari file .pdo item yang agan mau cari.
      saya belum sempat nyariin link yang masih maknyus. hehehe....

      Delete
  6. gan itu helmnya bisa dipake kebkita gak?

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. makin tebal makin enak dilipat2nya gan, kl saya pakenya kertas A4 yg 80 gram soalna kl mau pake kertas foto mahal hahaha...

      Delete
  8. Pengumuman: Untuk link helm sudah saya perbaiki. Link selain helm jika ada ada kerusakan mohon maaf untuk sementara belum bisa memperbaiki. silahkan sobat-sobat mencari di google dengan kata kunci .PDO
    thanks...

    Salam Garuda!!

    ReplyDelete
  9. kalau kertas yang buat helmnya pakai kertas apa gan? ukurannya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kertas a4 aja kok gan, yg tebel biar enak lipatnya. saya pake 80 gram.

      Delete
    2. Klo ukuran a4 itu jd ukuran normal ato gmn?

      Delete
  10. gan kok ga da panduanya, jd bingung nepelnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nempelnya mengikuti garisnya itu gan, sebenarnya kl agan fokus pada pepakuraviewer udah cukup jelas gan, hehehe...
      Ada beberapa file yang tidak ada penomorannya, biasanya sedikit main perasaan aja gan, atau kira-kira begitu. Semangat gan!

      Delete
  11. bang..
    pdo selain iron man nyari dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak forum yang membahas papercraft gan. Kalau aku biasanya search di google aja dengan kata kunci ditambahin kata papercraft ama .pdo gitu. Untuk beberapa karya bagus biasanya agak susah juga nyarinya,tapi itu tadi sarannya terlusuri di forum-forum tentang papercraft.

      Delete
    2. Gan itu kan kalo di prin kan jadi kertas siap digunting sesuai bentuk kykmana lagi buatnya gan , tolong ajari saya gan ,kirim pesan lewat gmail saya , mohon bantuannya ya gan .email=rizkysitohang3@gmail.com

      Delete
  12. jasa bikin helem iron man ,predator,batman,dan super hero lain nya di jamin murah,bahan dari resin, kunjungi blog http://samudrakarya.yolasite.com

    ReplyDelete
  13. Bro.. Tengkyu filenya baru aja gw download. Oia,. cara make resin'nya gimana yah.. please advice

    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cara resinnya memang agak susah gan, aku juga sempat nyoba beberapa kali. Yah meskipun harus rada modal untuk membeli resinnya hahaha....
      Jadi cara yang paling gampang menurutku di resin dari dalam gan. Oles resin sekali kuas aja pada bagian dalam hasil papercraft agan. biarkan kering terus ulangi kira2 sampai 3-5x olesan, langkah ini tidak perlu menggunakan fiber matt dulu. nah nanti setelah olesan ke 3-5 itu papercraftnya udah keras, jadi kertasnya bisa di ilangin dengan amplas. Kalau mau kuat hasil tersebut dijadikan master helm-nya jadi harus dibuat cetakannya baru bs buat yang maknyus setelahnya....

      Delete
    2. Gan..boleh kirimnya emailnya aku gak foto hasil masternya..? Soalnya aku.gagal terus buat cetakan masternya.. Kalau boleh aku beli master celakanya.. Email: ubibakar87@gmail.com ditunggu ya gan makasih

      Delete
    3. Saya ga pake master gan,
      Jadi saya pake helm kertas hasil papercraft aja tak resin dari dalam. kasih fibermatt 2 lapis. Terus Abis itu saya ilangin kertasnya saya amplas luar setelah resin kering. Abis itu main dempul ama pilox aja gan :)
      Buat cetakan masternya skill saya agak kurang mempuni gan dan butuh waktu lebih banyak tentunya hehehe...

      Delete
  14. Gan? Foot both sides. Ko enda bisa di download nih kaya manq cara nya?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://m.vk.com/album-78112356_204842192
      Di link atas banyak model pepakura yang bisa di download, liat aja di album. Dah klik gambar, link download ada di comment.
      Happy crafting bro

      Delete
  15. Bang Jenis Resin yg di pakai yg gimana bang , Dan Cara make resinya gimana???

    ReplyDelete
  16. Ukuran nya gak pas di kepala umur saya 19 tahunn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecilin aja skalanya pas nge-print.
      mungkin bisa dicoba pake 70% aja. Semoga membantu :)

      Delete
  17. Gan ada link buat nyari design2 helm lainnya gak?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja cari di google dengan kata kunci helm yang dicari agan ditambahkan .pdo

      Misal agan cari helm buat Ksatria baja hitam, ada banyak sekali kok gan desain2 lain.
      ketik,
      ksatria baja hitam .pdo papercraft
      semoga membantu.

      Delete
  18. kok gak bisa didownload gan? bisa diemailin aj ke ane gak filenya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk beberapa file iya gan.
      Saya hanya ngelink in saja untuk file selain helm. Karena saya sendiri hanya membuat yang helm yang armor dan lain blm.
      Nanti coba saya berikan link yang baru, yang lama sudah ko'id.

      Delete
  19. gan itu linknya kok udah tidak berlaku

    ReplyDelete
  20. iya bener gan link nya dah ga berlaku, gmn cara aku downloadnya gan...
    tolong bantu gan kirim ke email aku yah gan xcvbom@gmail.com

    ReplyDelete
  21. mas bisa minta pola gambarnya lewat email..?biar mudah tinggal print..hehe please..andhikasurya7@gmail.com

    ReplyDelete
  22. bisa kah kita membeli pola nya untuk bahan kita

    ReplyDelete
  23. assalamualaikum. bisa kasi link download gak di emel akudiakamu@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment