Merancang mobil homemade dengan papercraft

Setahun terakhir ini sering banget muncul berita tentang pembuatan mobil (homemade), yang asal muasalnya berawal dari maraknya mobil esemka yang sukses jadi bahan pencitraan capres kemudian memicu banyak kalangan untuk ikut unjuk gigi, Banyak siswa-siswa dari beberapa SMK di negeri ini yang juga ikut membuat mobil, uniknya beberapa diantaranya mobil yang dibuat merupakan mobil dengan mesin sepeda motor. Kita harus bisa bedakan ya membuat dan merakit hehehe....

Karena dari bawaan lahir aku memang sudah tertarik dengan yang namanya merancang dan membuat sesuatu, apalagi yang bernilai seni. Kemudian aku ikut terbius untuk membuat mobilku sendiri, ya tentu saja dengan pilihan yang menggunakan mesin sepeda motor karena akan lebih murah. Mulailah pencarian wangsit tentang pembuatan model sebuah mobil, dan aku teringat dengan yang namanya papercraft. Kepikiran, bisa nggak ya kalau kita buat papercraft dengan skala 1:1 atau 100% sama dengan asli, atau setidaknya 70% nya yang asli. Seperti tulisanku yang lalu pernah juga membahas tentang membuat helm ironman dengan papercraft. Nah karena mobil bentuknya jauh lebih besar dibanding sebuah helm maka tentu saja ini tidak akan mudah terwujud.


Gbr 1. Contoh struktur mobil (tubular frame) dengan mesin motor


Dalam pembuatan sebuah desain mobil umumnya pabrik-pabrik menggunakan clay modeling atau model dengan tanah liat. Pemodelan dengan tanah liat ini susah, artinya tidak sembarang orang bisa kecuali emang mereka yang profesinya sebagai pematung. Pematung ini biasanya memang orang yang belajar kusus di fakultas seni rupa, dan kalau mau pake jasa mereka harganya tidak murah kecuali anda salah satu dari mereka jadi anda tidak perlu menggunakan papercraft.

Dua hari aku habiskan untuk membaca referensi-referensi tentang mobil homemade. Memang kl sudah cinta itu lupa segalanya, termasuk aku yang sebenarnya sedang mengerjakan thesis. Karena thesis lagi mentok jadi gapapa lah dua hari berhenti dulu untuk memanjakan jiwa dengan hal-hal yang kita sukai dulu hehe...

Dari beberapa referensi yang aku baca ternyata sudah ada mobil dengan mesin sepeda motor yang diproduksi pabrik. Mobil itu menggunakan mesin sepeda motor dengan kapasistas besar, dan uniknya hanya menggunakan roda tiga. Struktur rodanya jadi mirip becak, dengan satu roda belakang dan dua roda depan. Jenis mobil ini sering juga disebut sebagai three-wheeler. Di Indonesia juga sudah lama ada three-wheeler biasanya kita nyebutnya bajaj hehehe... Ada dua produk three-wheeler yang sangat terkenal yaitu Campagna T-Rex dan Polaris Slingshot. Penampakannya bisa di lihat pada gambar 2 dan gambar 3.


Gbr 2. Campagna T-Rex

Gbr 3. Polaris Slingshot


Lihat dua mobil three-wheeler diatas aku jadi makin ngiler untuk membuat mobil homemade sendiri. Meskipun bakalan susah namun tetap saja aku masih berandai-andai bagaimana desain mobilku nanti. Karena mungkin rancanganku tidak akan selesai dalam waktu dekat jadi aku sharing di blog. Buat sobat-sobat yang ingin menggunakan ide ini monggo silahkan. Karena kalau bisa terwujud lebih cepat siapapun yang buat aku akan ikut senang.

Rencananya aku tetap akan menggunakan empat roda, jadi bukan three-wheeler. Ngga tahu kenapa aku kurang suka melihat mobil dengan tiga roda, tapi jujur aku tertarik dengan desain bentuk Slingshot dan T-Rex. Oke jadi sebelum aku menjelaskan tentang desain tubuhnya menggunakan papercraft, sebelumnya aku kasih ide bocoran untuk kebutuhan komponen yang akan aku gunakan. Berikut spesifikasi komponennya:

  1. Menggunakan dua buah mesin Mio ( atau matic sejenis seperti vario dll), karena aku punyanya dirumah Mio jadi rencana aku gunakan mesin mio tapi sayang juga dibongkar motor mionya. Atau mungkin bisa menggunakan mesin vespa, tapi bakalan sip kalau nemu orang yang jual mesin gelondongan hehehe....
  2. Untuk transmisi mesin ke roda akan aku gunakan gardan (differential axle). Jadi nanti mobilnya penggerak roda belakang (rear wheel drive). Untuk gardan bayangannya ingin menggunakan bekas motor tiga roda semacam TOSSA dan VIAR gitu. Kayanya di olx ama berniaga banyak yang jual.
  3. Ke bagian kendali, yaitu stir rencana menggunakana bekasnya power steering suzuki karimun.
  4. Rangka menggunakan pipa (tubular frame), supaya lebih ringan dan tentu saja lebih murah.
  5. Untuk kaki ada banyak pilihan, bisa menggunakan roda mobil ring 14 seperti karimun, atau kl yang murah ya pake aja roda belakang mio tapi tapaknya dilebarin lagi biar agak gemuk. Shockbreaker pake model independent, pake punya motor juga udah kuat.
  6. Untuk body (desain tubuh) sebenarnya pengin ngadopsi Slingshot dan T-rex, tapi karena tidak nemu file .pdo nya sehingga tidak bisa buat papercraftnya. Akhirnya pilihan jatuh ke bentuk Lamborgini yang dimensinya nanti disesuaikan dengan keinginan ( belum menentukan pasti jarak sumbu roda-rodanya).

Body rencana menggunakan Lamborgini Gallardo, yang dibuat dari bahan fiberglas dengan pemodelan papercraft.

Gbr 4. Desain replika Lamborgini Gallardo



Untuk penempatan mesinnya bisa di lihat pada gambar 5 dibawah, mobilnya rencananya aku kasih nama EKAR :

Gbr 5. Desain mobil EKAR

Dua buah mesin motor mio (atau motor apa saja, tapi disarankan matik biar ga perlu rancang transmisi gigi hehehe ) diletakkan didepan. Putaran kedua mesin dihubungkan ke gardan yang kemudian akan memutar roda belakang. Penempatan mesin didepan ini juga sebagai pemberat, supaya tidak njepat mobilnya saat aselerasi atau pas tanjakan.

Untuk penggunakan dua mesin sekaligus sebenarnya sudah sejak lama ada, hanya saja sekarang mungkin sudah jarang. Penggunaan dua mesin sekaligus ini disebut twin engine. Penampakannya bisa dilihat pada gambar 6 berikut:


Gbr 6. Contoh penggunaan twin engine

Pernah ada juga sepeda motor yang menggunakan twin engine.

Gbr 7. Sepeda motor dengan twin engine


Nah, sepertinya ideku sudah cukup jelas ya sobat-sobat. Dari mulai mesin, rangka, transmisi, sampai roda-roda sudah lengkap. Sekarang masuk ke bagian yang bernilai seni tinggi yaitu body. Pembentukan body memang memakan waktu paling lama dan pasti tidak kalah mahal dari sparepart lainnya. Tadi diatas sudah aku senggol dikit kalau aku bakal pake bentuknya Lamborgini Gallardo sebagai body. Nah yang jadi pertanyaan apakah mungkin itu bisa dibuat dengan menggunakan model papercraft.

Oke yang pertama kita perlu tahu adalah dimensi Lamborgini gallardo yang asli itu berapa. Langsung aja lihat pada gambar 8.

Gbr 8. Dimensi Lamborgini Gallardo

Sebenarnya dari dimensi asli ini kita sudah mendapat ukuran yang yahudd banget, tinggal kita mau seberapa besar mobil yang mau dibuat. Aku seh belum menentukan berapa dimensi EKAR nanti, tapi yakin seh kl sudah mulai bikin nanti itu bukan hal sulit. Rencananya aku akan ambil berapa persen saja dari dimensi Lamborgini Gallardo ini sesuai ukuran gardan dan rangka yang akan aku buat. Misalnya aku pake 70% ukurannya, maka tinggal semua ukuran diatas kita kali saja 70% dan dipake sebagai acuan.

Oke sekarang ke bagian untuk mewujudkan EKAR menjadi sebuah lamborgini. Jika hanya menggunakan ukuran seperti pada gambar 8 tentu saja seluruh detail lamborgini tidak akan bisa dibuat. Maka yang diperlukan adalah membuat modelnya dulu dengan ukuran yang kecil mungkin 1:50 dari ukuran aslinya. Jadi aku akan buat papercraft Lamborgini Gallardo dulu, setelah jadi itu bisa digunakan untuk patokan ukuran detailnya, seperti lebar jendelan, panjang pintu, atau ukuran lain. Berikut adalah hasil pembuatan model dari kertas dengan skala 1:50, lihat gambar 9!


Gbr 9. Model kertas Lamborgini Gallardo

Buat sobat-sobat yang ingin membuat model dari kertasnya boleh kok, silahkan download pada link dibawah ini. Tapi hanya file pdf, file .PDO nya aku tidak punya untuk yang Gallardo.  Tapi kalau aventador aku malah punya file .PDO nya. Jadi mungkin juga nanti mobil EKAR gabungan keduanya wahahaha...


Oke guys, spertinya sudah cukup panjang, udah kaya nulis novel aja. Jadi itu tadi kira-kira ide dan gagasan yang ada dikepalaku. Semuanya sudah aku tuangkan disini, dan yang pasti siapapun kalian yang akan mewujudkannya hanya satu kata dariku MONGGO, SILAHKAN. Kalau aku pribadi mungkin setelah aku lulus dan kumpulin tabungan dulu baru bisa mulai project ini. Mohon maaf bila ada tulisan yang ngaco atau kurang jelas karena aku juga manusia biasa yang masih punya nafsu jadi mohon dimaklumi hehehe...

Salam Garuda!!

XO







Comments

  1. Replies
    1. Wahahaha...udah ada sebuah motor mio siap bongkar gan. Tapi sekarang lagi benerin warung untuk menambah pundi-pundi keuangan jadi duitnya belum mau mampir di rekening lama-lama. Alhasil ini project belum terwujud hehhehe...
      Thanks gan udah perhatian wahag hag hag hag....

      Delete
  2. Ditunggu hasil projeknya gan.. saya ada angan angan juga untuk projek ini.. hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap gan!
      Ayo agan duluan juga boleh nanti saya dikirimi fotonya hehehe...

      Delete
  3. Proyek desain ini udah lama yg aku tunggu2...kebetulan mas saya jg dari dl pengin banget merancang T Rex..tpi saya punya kendalanya ada 7 mas..
    1, modal kurang
    2, spek ukuran kerangka nya saya bingung.
    3, bodynya bingung jg mau pake apa..kl pun pake fiber saya blm bisa bikin ya
    4, mesin yg mau saya pake rencananya pake motor matic jg dobel engin ( twin) cuma bingung settingnya.
    5, awalnya itu loh, nyetak bodynya saya gak paham bahan apa
    6, bujet harus stabil kl bisa lebih, itu jg kurang🤦
    .
    7, kuran dukungan 🙏🤭

    Kl masalh ngelas2 saya sih bisa, actyline bisa, las listrik bisa,las Argon jg bisa...

    ReplyDelete

Post a Comment