Kencan Pertamaku dengan Google AdSense

Haloo sobat goblog dimanapun sobat berada...
Setelah sekian lama blog ini mengudara, akhirnya pada tanggal 26 Februari 2018 surat cintaku dibalas oleh google AdSense. Eitss...ini bukan surat balasan penolakan ya, karena aku lihat banyak dari teman-teman bloger yang galau karena surat balasannya bukan penerimaan lamaran melainkan penolakan atau kalau tidak ya surat balasan PHP dengan mengatakan akan di review terlebih dahulu.

Akhirnya kuat juga aku angkat...hehehe...

Sebenarnya xonote.net ini aku bangun bukan untuk kepentingan periklanan tapi hanya untuk media untuk menuangkan pikiranku saja. Tapi kemudian ada teman yang menyarankan agar blog ini di monetisasi karena tulisannya sudah lumayan banyak.

"Eh blogmu mayan rame tuh, kok ngga daftar AdSense?"

Begitulah kira-kira beberapa teman mengatakan padaku. Akhirnya aku daftar Google AdSense kira-kira setahun yang lalu dan jawabannya adalah tentang akunku yang tidak bisa digunakan karena di hosting oleh perusahaan. Ya sejak saat itu aku tidak mendaftar lagi. Memang benar email yang aku gunakan untuk blog ini adalah email kantor alias email yang sama dengan tempat kerja, jadi memang di host dari kampus tempat aku kerja.

Hari Minggu tanggal 24 Februari kemarin ada teman datang kerumah, dia adalah teman kuliah dulu dan tinggal di Sumatera. Dia adalah salah satu teman yang profesinya memang bloger dan dia sudah biasa berkecimpung di dunia internet marketing. Kita berkumpul reuni kecil dengan beberapa teman kami yang lain. Lalu tibalah dia menanyakan tentang blog ini lagi dan aku ceritakan tentang email kantor yang aku pakai sehingga aku tidak bisa daftar google adsense. Aku tidak daftar lagi karena memang aku tidak terlalu ingin menjadi publisher google AdSense. Alasannya ya aku menganggap tulisan-tulisan yang ada di blog ini belum pantas dan belum cukup ramai untuk level publisher. Lagian yang saya tulis di blog ini kan kebanyakan hanya dari kegiatan dan apa yang sedang aku pikirkan saja, artinya topiknya campur-campur alias gado-gado hehehe...

Nah, temanku itulah yang mendorong agar aku mendaftar kembali menggunakan email lain. Akhirnya aku daftarkan kembali blog ini pada tanggal 25 Februari 2018 dan selang sehari pada tanggal 26 Februari 2018 aku mendapatkan email balasan bahwa pendaftaranku di terima sepenuhnya.

Surat penerimaan Google AdSense xonote.net


Kalau ditanya seneng ngga, ya pasti seneng. Karena dari beberapa tulisan viral dari blog banyak yang membahas tentang betapa sulitnya mengajukan Google AdSense untuk blog dan website. Kalau untuk pengajuan xonote.net ini masuknya adalah untuk kategori akun non-hosted karena meskipun blog xonote.net sudah menggunakan TLD (Top Level Domain). Aku masih belum tahu kenapa bisa cepat, tetapi dari beberapa tulisan yang membahas tentang google AdSense mungkin beberapa faktor ini yang menyebabkan pendaftaran Google AdSense mudah untuk diterima:

  1. Mempunyai konten yang unik dan original juga punya pengunjung yang cukup. Kalau melihat xonote.net sebenarnya pengunjungnya tidak terlalu banyak. Rata-rata kunjungan setiap harinya mungkin hanya 200 page views. Dikit banget jika dibandingkan bloger-bloger besar yang sehari bisa mendapat puluhan ribu views.
  2. Mempunyai cukup artikel. Menurut pengamatan xonote.net ketersediaan artikel pada sebuah website sepertinya cukup berpengaruh terhadap di terima atau tidaknya akun Google AdSense sobat.
  3. Menggunakan TLD (Top Level Domain). Ada kemungkinan TLD mendapatkan peluang lebih baik untuk diterima Google AdSense.
  4. Kelengkapan website. Dari banyak sumber selalu mengatakan bahwa kelengkapan sebuah website ataupun blog sangat penting dalam pendaftaran Google AdSense. Kelengkapan yang dimaksud adalah seperti privacy policy dan about atau kontak yang baik.
Sejak mendapatkan email penerimaan, akhirnya kegiatan yang wajib dilakukan adalah memasang unit iklan di blog kita. Dan untuk masalah ini sampai saat ini aku juga masih mengalami kesulitan, artinya belum mahir. Ada berita yang bagus untuk sobat-sobat yang baru saja bergabung dengan Google AdSense, karena saat ini ada fitur baru yang namanya Auto Ads.

Auto Ads ini kira-kira adalah sistem iklan otomatis, yaitu semua periklanan akan diatur oleh Google AdSense. Kita hanya perlu menyematkan satu buah kode di web atau blog kita. Sayangnya xonote.net juga belum berhasil, cara-caranya sudah aku ikuti tetapi sepertinya Auto Ads belum berjalan di xonote.net. Akhirnya aku putuskan untuk memasang unit iklan manual menggunakan widget.

Buat sobat-sobat goblog semua, jangan berfikir bahwa setelah menjadi publisher Google AdSense kita terus akan mendapatkan uang yang banyak dan melimpah. Karena uang dari periklanan ini sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Saat ini aku sedang menganalisis dan belajar mengenai hal tersebut. Penghasilan dari Google AdSense itu sungguh-sungguh sangat kecil dan hampir tidak brarti untuk level pengunjung xonote.net.

Penghasilan hari pertama menjadi publisher Google AdSense hasilnya sangat mengagetkan. Bukan karena besar ya tetapi....wahahahaha....

Penghasilan hari pertama menjadi publisher Google AdSense xonote.net



Nah itulah kenyataannya, sobat-sobat sudah melihat sendiri hehehe...
Makanya agar penghasilan xonote.net bisa dipakai buat kopi yang menemani menulis konten-konten di xonote.net, mohon dukungan dari sobat-sobat goblog semua. Kunjungi terus xonote.net dan jangan lupa bahwa satu subscribe dan follow dari sobat-sobat sangat berarti untuk xonote.net.

Semoga tulisan ini bermanfaat, Sampai ketemu di topik diskusi selanjutnya.

Let's make things better!

Comments