7 Kunci Kebahagiaan Yang Mudah Diucapkan Tapi Susah Dilakukan

Apa yang kamu cari dalam kehidupan selain bekal untuk kematian kita yang suatu saat nanti pasti datang?
Sembilan dari sepuluh orang mengatakan 'kebahagiaan'. Masalahnya kata sesederhana 'kebahagiaan' itu ternyata tidak semudah menuliskan atau mengatakan kata tersebut. Selain kebahagiaan itu sangat relatif pada setiap individu tetapi ternyata sangat sulit untuk melihat indikator apakah kita sudah bahagia.

sumber: neatoday.org


Pasti sobat-sobat sudah sangat sering mendengarkan atau membaca kata-kata motivasi dari orang-orang, dari para motivator tentang mewujudkan kebahagiaan. Nah kali ini aku rangkum 7 kunci kebahagiaan yang sangat mudah untuk dipahami, mudah untuk diingat, tetapi sangat susah untuk dilakukan, ya setidaknya untukku sangat susah melakukan hal-hal ini dan butuh latihan dan perjuangan yang berat hehehe....

1. Jangan membenci siapapun, sekalipun ada yang menyalahimu.
Ini adalah kata-kata yang sangat bagus dan sangat sering kita dengar atau kita baca. Tetapi untuk melakukan ini sangat...sangat....sulit. Butuh kedewasaan level dewa untuk mampu menahan rasa benci pada orang yang jelas-jelas membuat hidup kita sengsara atau membuat hidup kita susah. Dewasa adalah modal untuk melakukan ini sobat-sobat, bahkan di umurku yang sekarang sudah kepala tiga aku masih kesulitan melakukan hal ini, Tuhan bantu hambamu agar menjadi lebih baik :)

2. Jangan pernah bersedih yang berlebihan, meskipun masalahmu sangat banyak.
Kata-kata ini sangat mudah dicerna, diucapkan, dan diingat. Jelas sekali bahwa kita setuju bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Tapi, tahukan sobat-sobat bahwa tidak semua orang bisa melakukan ini dengan baik. Pandangan dan mimik muka seseorang bahkan sudah menggambarkan isi hati dan pikirannya. Jadi melakukan hal ini jelas bukan hal yang mudah!

3. Hiduplah dalam kesederhanaan, meskipun kamu serba ada.
Salah satu sifat manusia adalah serakah, itu yang membuat kita sangat sulit melakukan poin nomor tiga ini. Penghasilan 3 juta pengin punya motor bagus, penghasilan 5 juta pengin punya mobil, penghasilan 10 juta pengin punya rumah, penghasilan 20 juta pengin punya istri lagi dan lain sebagainya. Sehingga tidak pernah ada kata cukup untuk manusia. Mereka yang mampu melakukan poin nomor tiga ini pasti mereka adalah orang-orang hebat!

4. Berbuatlah kebaikan, meskipun kamu banyak musibah.
Secara teori sangat logis dan mudah diterima akal sehat. Tetapi saat kita mendapatkan musibah, kebanyakan dari kita itu sangat galau dan meratapi musibah kita. Sehingga untuk memikirkan berbuat baik untuk orang lain disaat kita sedang terjatuh itu adalah hal yang sulit!

5. Perbanyaklah memberi, meskipun kamu sedang susah. 
Kebanyakan orang sangat khawatir akan kehidupannya dan lupa bahwa ada Tuhan. Sehingga kita sangat takut kekurangan  dan cenderung menjadi tidak peduli pada orang lain. Meskipun dari kecil baik dari sekolahan, orang tua dirumah, atau bahkan di tempat ngaji sudah diberitahu bahwa memberi adalah hal baik tapi itu tidak mudah. Kita memberi menunggu punya sisa atau lebih, padahal jika mengutip dari poin nomor 3 manusia itu tidak ada cukupnya, artinya kita tidak akan pernah punya uang lebih, punya sesuatu yang lebih. Karena semakin kita naik maka keinginan kita mengikuti naik.

6. Tersenyumlah, meskipun hatimu sedang menangis.
Ini yang selalu ingin aku lakukan, setidaknya untuk keluargku dirumah. Setidaknya aku tidak ingin keluargaku berhentu tersenyum karena melihatku sedang sedih. Melakukan hal semacam ini sangat menguras emosi. Butuh kekuatan dan hati yang besar agar tetap bisa melakukan poin 6 ini.

7. Jangan memutus doa untuk mereka yang selalu membencimu.
Ini adalah yang paling dari semua poin diatas. Jangankan mendoakan, untuk memaafkan orang lain saja terkadang kita sangat susah. Jangan memaafkan, untuk mengakui kesalahan kita saja terkadang kita sudah sangat berat. Semua ini adalah proses kehidupan kita, tapi ingatlah sobat-sobat bahwa suatu saat kita akan mati, jadikan itu acuan agar kita mampu melakukan poin 7 ini.

Aku tahu untuk melakukan 7 hal yang tadi disebutkan itu kelihatan mustahil. Mungkin kita berfikir mustahil ada orang sebaik ini untuk melakukan 7 hal tersebut. Jelas lebih susah daripada ujian skripsi sobat-sobat kan? karena 7 hal tadi adalah ujian hidup yang sebenarnya yang seharusnya dilalui oleh semua orang.

Semoga sedikit tulisan ini bermanfaat, atau setidaknya bisa menginpirasi kita semua untuk ingat bahwa kita perlu melakukannya meskipun dengan susah payah dan butuh waktu.

Let's make things better!

Comments