Membuat replika helm Black Phanter

Halo sobat-sobat Goblog,
Buat sobat yang gemar dengan cosplay, toys, dan papercraft terutama yang bertema superhero maka kamu tidak salah membaca ini. Aku juga punya kegemaran yang sama, hanya saja levelnya hanya hobi untuk mengisi waktu senggang. Alhasil ya aku belum bisa memberikan waktu lebih lama untuk mainan ini dan hasilnya pun tidak sehebat teman-teman yang masih sekolah dan mahasiswa yang masih punya banyak waktu hehehe... Aku terima nasib sebagai orang yang sudah bekerja ini dengan lapang dada kok.

Sebenarnya sebelumnya aku pernah membuat postingan tentang project semacam ini yaitu saat aku membuat replika helm Iron Man. Nah setelah itu aku pernah membuat helm Captain America tapi belum sempat aku publikasi dan barangnya udah terlanjur hilang karena rumahku di renovasi saat ini, sedih.... huks.

Kali ini aku akan membagikan file untuk sobat-sobat penggemar helm superhero terutama superhero yang lagi heboh dan trending banget saat ini yaitu Black Phanter. Seperti biasa file yang akan aku bagikan adalah file .PDO yang bisa sobat-sobat buka menggunakan Pepakura Viewer.

Black Phanter sumber dari google

Sobat-sobat bisa menggunakan cara seperti pada postingan saya membuat replika helm Iron Man kalau mau sampai tahap replika yang bisa dipakai dan sudah keras. Tetapi jika sobat mau yang lebih gampang buat dari kertas aja juga udah kece badai kok hehehe...

Baca juga: Membuat replika helm Iron Man

Untuk masalah bahan sebenarnya kita punya banyak pilihan, yang paling umum untuk papercraft ya kertas 80 gram atau diatasnya. Kalau misal sobat-sobat punya banyak kardus bekas itu juga bakal menjadi bahan yang keren, saya pernah coba juga. Jadi saranku gunakan kreatifitasmu, apa saja bisa menjadi bahan dasar dalam membuat replika helm.

Dari kardus pun bagus kan?

Nah untuk bisa membuat replika helm dengan papercraft yang perlu sobat-sobat persiapkan adalah:
  1. Software pepakura viewer.
    Pepakura viewer adalah software yang akan kita gunakan untuk membuka file .pdo dari desain papercraft yang akan kita buat. Software ini gratis dan sobat-sobat bisa download di website resminya di tamasoft.co.jp.
  2. File desain papercraft .pdo
    Untuk desain helm Black Phanter sobat-sobat bisa download disini.
    Password untuk filenya adalah xonote.net yaitu nama blog ini.
  3. Peralatan dasar
    Setelah sobat-sobat install pepakura viewer dan sudah download file desain helm Black Phanternya, yang perlu kamu punya dan siapkan adalah peralatan dasar dalam papercraft. Apa saja peralatan dasarnya? Alat-alat dasarnya tidak perlu harus yang standar seperti para builder papercraft yang sudah pro, sobat bisa pakai peralatan yang ada di rumahmu diantaranya adalah gunting, cutter, lem (lem kertas terutama), dan kertas.


1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah membuka file .pdo kamu dengan pepakura viewer

Buka file PDO sobat dengan pepakura viewer


2. Print polanya dan potong

print dan potong pola dan siap di lem

3. Assembling, ini adalah tahap paling sulit karena butuh kesabaran super dan keuletan. Disini semangat sobat-sobat di uji hehehe...

Ekspektasi hasil :p

Langkah terakhir adalah finishing, sobat-sobat bisa menambahkan cat atau relief tambahan jika kesabaran kamu masih tersisa. Tetapi jika tidak sudah selesai merakit itu saja menurutku sudah prestasi bagus hehehe....

Oke begitu saja sobat-sobat Goblog, semoga bermanfaat. Share artikel ini jika sobat merasa berguna juga untuk teman-teman kita yang lain.

Wakanda Forever.............. :p

Comments