Install ESP8266 pada Arduino IDE Melalui Board Manager

Halo sobat goblog,
Mohon maaf lagi ya (perasaan udah sering minta maaf soal ini) karena materi yang aku tulis sering loncat-loncat topik dan campur-campur hahaha...harap di maklum karena kegiatanku juga sehari-hari kira-kira ya mirip sama isi blog ini yang campur bawur.



Sudah lama tidak mainan Arduino dan saat ini lagi mulai ada semangat dan rasa suka untuk kembali bergaul dengan yang namanya Arduino. Hebohnya istilah Industri 4.0 dan IoT (internet of things) rasanya cukup mengusik, dan aku sependapat bahwa beberapa waktu kedepan pasti kehidupan kita akan dipenuhi oleh dua hal tersebut. Kalau kita ingin tetap bertahan hidup dan bisa beradaptasi dengan perubahan maka salah satunya adalah harus fleksibel mengikuti trend dan pola yang terbentuk di kehidupan.

Apa itu ESP8266?
ESP8266 dikenal sebagai modul WiFi yang handal dan ekonomis. ESP8266 inilah yang akan menghubungkan perangkat kita dengan internet via WiFi. Ada banyak varian prototype board berbasis ESP8266, seperti NodeMCU, Adafruit HUZZAH ESP8266, ESPDuino, SparkFun ESP8266 Thing, dan Wemos.

Install ESP8266
Agar ESP8266 bisa di program di Arduino IDE kita perlu install hardware package-nya. Ada dua cara untuk melakukan instalasi ESP8266 pada Arduino IDE, yang pertama adalah dengan melalui board manager dan yang kedua adalah dengan download source code atau git clone dari repo Github. Aku tidak familiar dengan cara kedua jadi aku sarankan menggunakan cara pertama yaitu dengan melalui board manager.

Bagaimana langkah instalasinya?
1) Jalankan Arduino IDE dengan versi diatas V1.6.7

2) Pilih File >> Preferences

3)Pada kolom "Additional Boards Manager URLs", isikan tautan berikut: http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json Kalo kolom Boards Manager sudah ada isinya sebelumnya, pisahkan dengan koma.



3) Pilih menu Tools > Board: > Boards Manager..., akan muncul jendela Boards Manager. Pilih "esp8266 by ESP8266 Community" lalu klik tombol install di sebelah kanan bawahnya.


Setelah selesai instalasi, terus gimana?
Instalasi hardware package biasanya lumayan lama karena ukurannya cukup besar jadi silahkan sobat-sobat untuk bersabar. Setelah instalasi selesai maka kita bisa menggunakan Arduino IDE untuk memprogram ESP8266. Yang perlu kita lakukan adalah memilih board.

Pada menu Tools > Board:, pilih board sesuai dengan yang sobat-sobat gunakan. Pada contoh gambar menggunakan WeMos D1, tetapi aku kadang menggunakan NodeMCU (12ESP-12E Module).

Set CPU Frequency ke 80MHz. Pilih Flash Size ke 4M (1M SPIFFS). Pilih Upload Speed ke 115200. Terakhir set Port ke port USB dimana WeMos terhubung.

Dan selesai...
Untuk mempelajari tentang ESP sobat-sobat bisa menggunakan program examples dan jangan lupa dan sungkan untuk menelusuri Eyang Google hehehe...

Comments