Jangan Biarkan Indonesia Bubar!


Topik apa saja yang kemudian menjadi trending itu hal biasa. Beberapa waktu lalu muncul trending topic yang menurutku ngga biasa, kenapa? karena topiknya adalah tentang bubarnya suatu negara. Yang menjadi lebih miris negara yang dibahas itu adalah Indonesia, negara kita men!



Salah seorang tokoh politik dalam pidatonya memberikan pernyataan bahwa Indonesia bisa bubar pada tahun 2030. Terlepas alasan dan kenapa bisa begitu, secara pribadi saya berpendapat bahwa hal itu mungkin terjadi melihat kondisi negara kita saat ini. Saya tidak sependapat tentang 2030-nya tetapi bahwa suatu negara yang kasus ini negara kita tercinta bisa saja benar-benar mengalami bubar.

Pada sebuah acara TV yang membahas tentang isu ini, diskusinya cukup panjang dan menarik. Saya tertarik dengan pendapat Pak Mahmud MD mengenai bagaimana sebuah negara bisa bubar. Pendapat Pak Mahmud ini sangat logis dan bisa dicerna,bahwa negara bisa bubar kapan saja mungkin besok mungkin 2030, mungkin 2045, atau malah mungkin tidak akan bubar. Bubarnya tentu saja bisa di picu oleh gejala-gejala, sebab-sebab, dan kondisi-kondisi yang ada saat ini.

Menurut Pak Mahmud MD, bahwa ada 4 DIS yang menyebabkan negara bisa bubar:
  1. Disorientation
    Disorientasi hukum yaitu kesalahan dalam penegakan hukum. Hukum yang tidak baik dan dipermainkan bisa menyebabkan ketidak percayakan masyarakat.
  2. Distrust
    Jika sudah muncul ketidakpercayaan masyarakat terhadap hukum dan pemerintahan maka masyarakat tidak akan mempercayai lagi persidangan, acara TV, berita-berita, dll. Jika ini terus terjadi maka akan menyebabkan pembangkangan dan pemberontakan.
  3. Disobedience
    Pembangkadangan, pemberontakan, dan akan muncul perlawanan-perlawanan. Bayangkan jika terjadi kejadian semacam ini dari berbagai daerah. Jika sudah sampai pada level ini maka kemudian akan menyebabkan puncak kekacauan yaitu Disintegrasi.
  4. Disintegration
    Perpecahan dan bubarnya suatu pemerintahan

Bagaimana menurut sobat-sobat? Apakah pemerintahan saat ini sudah berusaha untuk mencegah 4 DIS ini? Jadi bubar tidaknya Indonesia tergantung dari pemerintahan kita. Itulah kenapa saya menunggu calon-calon pemimpin bermunculan di tahun 2019. Mari kita lihat program-program apa yang nanti akan muncul di tahun politik 2019. Ayo kita aktif dan peduli dengan nagara kita dengan menjadi pemilih pada pemilu 2019. Kita bisa berkontribusi untuk mencegah 4 DIS yang dijelaskan Pak Mahmud MD.

Berikut adalah Video Pak Mahmud MD yang menjelaskan tentang 4 DIS.
let's make things better!

Comments