Notifikasi Ads.txt Google Adsense Pengguna Blogger

Beberapa hari tidak menulis dan jarang cek blog maupun adsense, tiba-tiba saat check kaget karena penghasilan alias revenue di adsense nol selama 7 hari terakhir. Muncul notifikasi merah di halaman google adsense yang mengatakan bahwa:

"Earnings at risk - One or more of your ads.txt files doesn't contain your AdSense publisher ID. Fix this now to avoid severe impact to your revenue."

atau kalau dalam bahasa Indonesia:

"Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda."

Bagi sobat-sobat yang baru pertama kali mendapatkan masalah seperti ini seperti saya pasti lumayan kaget dan bingung. Apalagi pesan ini konotasinya sangat penting dan darurat, sehingga kita harus segera memperbaikinya.




Apa itu Ads.txt?
Menurut sumber beberapa website dan tulisan, Ads.txt atau Authorized Digital Sellers adalah program yang dirancang oleh IAB yang ditujukan untuk mengurangi kecurangan dalam inventaris iklan. Solusi ini dibuat secara khusus untuk melawan spoofing domain, biasanya dapat diperiksa apakah sumber sah dan bersertifikat. Ini akan menghentikan scammers di pasar digital.

file Ads.txt tidak wajib tetapi sangat disarankan karena dapat membantu website sobat-sobat mendapatkan lebih banyak pengiklan yang ada kemungkinan adalah palsu, sehingga Ads.txt ini menjadi berguna untuk mengurangi hal tersebut.

Masalahnya sobat-sobat pengguna blogger atau blogspot tidak bisa upload file ke domain blogger karena kita tidak bisa akses root domainnya. Berbeda dengan wordpress yang menggunakan fasilitas self-hosting. Tetapi kita tetap bisa menggunakan ads.txt di blogger tanpa harus upload filenya.

Cara aktifkan Ads.txt blogger bagaimana?
Untuk mengaktifkan file Ads.txt yang sesuai dengan ID google adsense kita adalah dengan mengubah secara manual di blogger kita. Silahkan cobat masuk ke dashboard blogger kalian lalu pilih settings => Search preferences => monetization. Lalu pada bagian custom ads.txt silahkan di enable dan klik edit. Nanti akan muncul kolom mirip kolom komentar lalu copy-paste code ads.txt sobat-sobat.

contoh ads.txt:
google.com, pub-2925437451873717, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Isi dengan punya sobat-sobat sendiri ya.




Setelah selesai silahkan klik save, kemudian sobat-sobat bisa cek apakah ads.txt sobat-sobat sudah benar dengan cara ketik di browser:

www.(domain website/blog kamu)/ads.txt
contoh punya xonote.net
www.xonote.net/ads.txt

Lalu lihat hasilnya, apakah ID adsense yang tercantum sudah sesuai dengan punya sobat-sobat. Kalau sudah yang brarti sudah oke dan benar.

Semoga sedikit tulisan ini bisa membantu.

Let's make things better!



Comments