Lineage 2 Revolution - Tips Duel di Arena Battlefield

Game MMORPG sampai saat ini masih menjadi salah satu genre idola di dunia game online. Game MMORPG pun sekarang sudah mulai merambah pada game mobile dan yang paling hangat dan banyak di mainkan saat ini salah satunya adalah lineage 2 revolution (L2R). Seperti game-game MMORPG lainnya pasti dalam L2R ada unsur leveling dan perangnya termasuk PvP atau player versus player. Untuk sebagian player, PvP adalah bagian paling menarik dan paling dicari. Secara pribadi sebagai seorang gamer terutama genre MMORPG benar bahwa salah satu daya tarik game MMORPG menurutku salah satunya adalah PvP-nya. Nah bagaimana dengan L2R?

Duel 1vs 1 di Arena Battlefield

Untuk sistem levelingnya di L2R ini agak membosankan karena bergantung pada quest dan dungeon, nanti akan kita bahas ditulisan yang lain tentang leveling L2R. Sedangkan untuk perangnya ada beberapa yaitu duel, fotress war, dan clan war. Nah yang akan kita bahas pada tulisan ini adalah tentang duel di battlefield Lineage 2 Revolution (L2R). Buat sobat-sobat yang sudah pro alias sudah lebih lama, senior, atau sudah mastah mungkin tidak akan perlu membaca informasi ini.

Pilih lawan

Dalam sistem duel di L2R di battlefield kita bisa memilih musuh yang tersedia. Sobat-sobat juga bisa menekan refresh untuk melihat daftar baru setiap 3 detik. Tetapi tahukah sobat-sobat bahwa dalam duel itu kita tidak bisa asal pilih musuh, kecuali kalian ingin berakhir dengan kekalahan. Maka setidaknya ada 4 hal yang bisa mempengaruhi hasil duel sobat-sobat di battlefield L2R. 4 hal ini bisa sobat-sobat jadikan pertimbangan dalam melakukan duel di battlefield:

1. Combat Point (CP)
CP adalah nilai yang berasal dari akumulasi total kekuatan karakter. Nilai CP ini berasal dari semua item, equipment, level, dan bahkan skill dari karakter. Tetapi nilai paling banyak CP berasal dari equipment yang digunakan karakter, sehingga karakter dengan equipment yang bagus pasti akan mempunyai CP yang besar. Masalahnya jika kita tipe player gratisan yang tidak merogoh kantong untuk beli diamond maka kita akan kesulitan untuk mempunyai equipment bagus secara cepat. Sehingga besar kemungkinan di L2R bahwa player gratisan hampir tidak mungkin bisa lebih unggul secara CP dengan player-player sultan.



Pertimbangannya terhadap CP, maka sudah pasti kita harus memilih lawan duel yang CP-nya seimbang atau lebih lemah dari karakter kita. Jangan memilih lawan dengan CP yang terlalu tinggi dari karakter kita, karena besar kemungkinan duel akan berakhir kekalahan buat sobat-sobat.

2. Level
Oke kalau tadi kita mempertimbangkan CP sekarang adalah pertimbangan kedua yaitu Level. Kalau ada calon lawan duel dengan Level dan CP lebih lemah dari karakter kita maka sobat-sobat bisa langsung klik OK untuk duel, karena dipastikan kemungkinan besar karakter sobat-sobat menang.

Bagaimana jika kondisinya adalah calon lawan-lawannya CP nya besar-besar semua dan jauh lebih tinggi dibanding karakter kita? Jika kondisinya kita kalah CP maka kita perlu mempertimbangkan level. Kenapa level? Ini hubungannya dengan skill. Karena semakin tinggi level karakter maka semakin tinggi juga level skillnya.


Kalah CP belum tentu kalah duel jika lebih unggul di level skill. Perbedaan kekuatan tiap level skill cukup terasa di L2R sehingga karakter dengan level tinggi diuntungkan dengan skillnya yang lebih tinggi yang bisa didapatkan gratis, sedangkan untuk mendongkrak CP kita butuh modal. Sehingga banyak player L2R senior yang menyarankan untuk lebih fokus ke level dibanding CP pada player baru. Level skill di L2R naik setiap 5 level karakter, yaitu di level dengan akhiran 1 dan 6 misalnya level 46, 51, 56, 61, 66, 71, 76, 81, 86, 91, dst. Sehingga jika musuhnya CPnya diatas karakter kita pilih yang levelnya lebih rendah, setidaknya lebih dari 5 level sehingga bisa dipastikan musuh kalah level skillnya dengan karakter kita.

3. Attack dan Defense
Jika sobat-sobat mengalami kasus nomor ini brarti hampir tidak ada pilihan untuk mencari lawan dengan level dan CP yang lebih lemah dari karakter kita. Maka masih ada pertimbangan lain jika nomor satu dan dua belum cukup untuk memutuskan mau duel sama musuh yang mana, yaitu dengan melihat calon musuh kita lebih detail dengan klik pada namanya. Nanti akan mucul informasi lengkap karakter calon musuh tersebut.

Pada infomarsi karakter biasanya yang paling saya lihat adalah attack dan defense nya. Ada beberapa karakter yang CP-nya besar yang ternyata berasal hanya dari salah satu equipmennya saja. Misalnya ada karakter CP besar ternyata setelah kita cek di info karakternya yang membuat CP-nya besar adalah senjatanya yaitu menggunakan senjata SR Lv 30 +15 misalnya. Tetapi saat kita perhatikan ternyata Armor dan Accecories yang digunakan levelnya rendah yaitu hanya menggunakan grade A dan S. Artinya karakter tersebut tidak balance/seimbang, dia punya attack besar tetapi defensenya kecil dan mungkin HP nya kecil karena accecoriesnya jelek. Atau kebalikannya ada karakter yang armornya bagus tetapi senjatanya jelek dll.


Pada kondisi ini kita harus bandingkan karakter musuh head to head dengan karakter kita tanpa memperhatikan CP. Bandingkan secara detail dan buat perkiraan, gunakan insting sobat-sobat. Tetapi saranku hindari karakter dengan status seimbang atau balance, karena dari pengalamanku karakter model begitu lebih susah dikalahkan. Contoh, karakter dengan senjata SR tapi armor dan accecoriesnya A/S akan lebih mudah dikalahkan jika karaktermu punya cukup damage dibanding dengan karakter yang seimbang disemua sektornya. Pilihlah lawan yang dia lemah dibagian yang kamu kuat.

4. Poin atau Ranking
Pertimbangan terakhir ini lebih ke diri kita sendiri, untuk apa kita melakukan duel? Ada dua alasan player L2R melakukan duel di arena battlefield yaitu pertama untuk menaikkan ranking dan kedua adalah untuk mendapatkan honor point. Untuk apa anda duel?

Jika anda ingin honor point, maka fokuslah mencari lawan duel yang paling lemah.
Jika anda mencari ranking, maka carilah lawan duel yang punya posisi ranking paling tinggi yang kira-kira bisa sobat-sobat kalahkan.

Di L2R saat kita duel, jika kita duel melawan karakter dengan ranking diatas kita dan kita menang, maka rangking lawan tadi menjadi milik kita. Kita akan otomatis menggeser ranking lawan duel yang kita kalahkan jika dia rankingnya diatas kita. Sedangkan jika ranking lawan dibawah kita maka kita tidak akan mendapatkan ranking atau kenaikan ranking dan hanya mendapatkan honor point. Biasanya lawan dengan ranking lebih tinggi dari kita akan lebih susah karena biasanya mempunya CP dan level yang lebih tinggi dari karakter kita.


Oke sobat-sobat goblog, itu tadi adalah 4 hal yang perlu sobat-sobat pertimbangkan dalam melakukan duel di arena battlefield saat bermain L2R. Cari lawan dengan cerdas dan dapatkan Win Streak terbanyak yang kamu bisa! Karakter dengan Win Streak banyak artinya dia player yang cerdas dan kuat hehehe....


Let's make things better!

Comments