[Tantra Gratis Indonesia] Mungkin aku pernah jadi player tidak baik, tapi aku ingin selalu menjadi GM yang baik.

Haloo..sobat-sobat semua,
Tulisan kali ini sebenarnya spesial untuk tujuan sharing dengan teman-teman player tantra online di seluruh Indonesia. Karena setelah mulai senang dengan membuat konten video di youtubeku sekarang aku jadi lebih jarang nulis di blog, sedih hehehe....


Oke ayo kita mulai ceritanya hehehe..
Buat sobat-sobat yang nyasar ke halaman ini dan tidak mengerti apa itu tantra gratis atau tantra online, maka sobat-sobat bisa search di blog ini atau di google. Aku akan bercerita tentang tantra gratis dari sudut pandang pribadi sebagai admin disana sejak awal hingga sekarang.

Kita memulai tantra gratis (TG) sejak beberapa tahun lalu, saya gunakan kata kita karena saya bukan satu-satunya admin di komunitas tantra gratis indonesia. Tepatnya kita memulai tantra gratis dari tahun 2015 tapi aku lupa tepatnya bulan berapa. Kita memulai server TG dengan motivasi keprihatinan terhadap komunitas tantra khususnya di Indonesia. Komunitas yang dulu pernah ada pada zaman official server yaitu Tantra Online Indonesia (TOI) yang kemudian kehilangan rumah tinggalnya saat layanan TOI dinyatakan ditutup pada tahun 2010. Sejak penutupan layanan TOI kita semua player TOI termasuk aku tersebar ke seluruh penjuru dunia, kita migrasi ke server-server yang masih tersisa (masih ada banyak server saat itu 2010).

Bertahun-tahun mencoba bermain hampir disemua server baik official maupun privat server akhirnya sekitar tahun 2014 aku mulai menemukan titik jenuh sebagai player. Jenuh dengan berbagai kekurangan, keburukan, dan keprihatinan. Sudah tidak ada lagi sesuatu yang ingin aku capai, cari, atau pertahankan dalam game yang bernama Tantra Online saat itu di server-server yang ada. Disisi lain peminat terhadap game ini masih tinggi dan keadaan itu dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang menggunakan privat server sebagai kendaraan. Cerita akhirnya kalian semua tahu...

Membangun server dari nol
Akhirnya aku punya inisiatif pemikiran "kenapa kita tidak membuat server sendiri dan mengajak mereka yang masih sayang dengan game ini?". Aku awali dari sebuah grup kecil di facebook dengan kemampuan yang sangat-sangat terbatas. Kami tidak punya pengetahuan sama sekali tentang server tantra dan admin tantra online saat itu. Jadi kami memulai benar-benar dari tidak tahu apa-apa, yang kami punya adalah sebuah mimpi dan sedikit keberanian untuk memulai sebuah server privat tantra online.

Akhirnya kami berhasil menghidupkan map Mandara s/d Exile untuk pertama kalinya. Tentu saja dengan setting yang sangat berantakan karena rendahnya pengetahuan dan kemampuan kami, sehingga kami hanya mengikuti tutorial gelap dari forum-forum tantra offline. Server itu kita beri nama Tantra Uttaran hehehe....karena saat itu lagi heboh sinetron India Uttaran yang banyak digemari emak-emak masa itu.

Kami mengajak teman-teman untuk mencoba bermain dan kami selalu mendapatkan respon dan feedback dari teman-teman player. Banyak hinaan, cacian, dan hal-hal negatif lain yang mungkin bisa membuat seorang admin memutuskan berhenti jika tidak mempunyai tujuan yang kuat untuk apa server itu dibuat. Tetapi untungnya masih ada player yang selalu memberikan support dan dukungan pada kita, meskipun jumlah mereka lebih sedikit tetapi kita berusaha untuk menjaga dan melindungi teman-teman yang sedikit ini untuk terus bersama-sama membangun komunitas kita. Prinsip kita adalah lebih baik sedikit tetapi mereka yang benar-benar sayang dan berkontribusi membangun komunitas, daripada banyak tetapi musiman dan kutu loncat hehehe...

Merapikan dan meluruskan banyak setting
Ada dua admin salah satunya adalah aku, bagianku adalah di game yaitu sebagai GM sekaligus game developer. Seperti yang sudah aku ceritakan kita memulai dari nol dan banyak setting game yang masih berantakan. Itu semua jelas menjadi PR-ku untuk merapikannya perlahan-lahan, bahkan sampai saat ini setelah server berjalan lebih dari 3 tahun PR itu belum semuanya selesai. Secara pribadi aku menjadikan itu agenda jangka panjang dengan motivasi aku ingin mempunyai file tantra online yang lengkap dan baik versiku sendiri. Itu kenapa sampai sekarang tantra gratis terus aktif melakukan update-update.

Membuat perubahan update punya resiko tinggi, terutama terhadap player. Aku sangat paham bahwa setiap perubahan pasti selalu ada pihak yang tidak puas, dan itu selalu terjadi di tantra gratis. Seperti misalnya masalah prana exp, dulu sebelum aku mampu mengubah setting prana exp masih kacau dan masalah pada exp monster saat hunting solo dan party. Masalahnya adalah solo dan party exp yang didapat sama. Karena player sudah terlanjur enjoy dengan setting itu (meskipun itu tidak benar) maka saat aku membuat update agar setting exp itu benar seperti semestinya muncul banyak protes dari player. Itu adalah resiko dan prinsipnya tantra gratis tetap mengacu ke game yang lebih baik dengan resiko ditinggalkan player yang baperan dan tidak bisa menerima perubahan karena mungkin merasa dirugikan atau alasan lain, padahal update itu adalah yang benar dan seharusnya dilakukan. Terkadang player tidak mencari yang benar, tetapi mencari yang menguntungkan meskipun tidak benar. Yap, itu masalahnya....hingga pada akhirnya dari banyak kasus GM menjadi kambing hitam dan menjadi orang pertama yang selalu difitnah dan dibenci hehehe...

Player-player yang kecewa karena kepentingannya tidak terakomodasi itu keluar dan pindah ke server-server lain dengan menyebarkan berita negatif versi mereka diluar. Itu yang terjadi sampai sekarang dan sebagian dari mereka berhasil menghasut player untuk tidak bermain di tantra gratis. Meskipun faktanya tantra gratislah yang terus konsisten mengelola server dengan baik sampai saat ini. Server yang mereka agung-agungkan dalam hitungan bulan tutup layanan, lalu mereka akan mencari server lain untuk diagung-agungkan, padahal kami yang selalu ada membuka pintu lebar dengan layanan yang lebih baik tidak pernah dilihat hehehe... But it's oke, kita ingin yang datang ke tantra gratis adalah mereka yang datang dengan hati dan punya niatan baik tanpa paksaan dan atas keinginan sendiri. Sehingga bisa berkontribusi untuk mewujudkan visi misi tantra gratis. Itu kenapa tantra gratis tidak pernah melakukan obral promosi atau ngemis promosi di grup-grup tantra di medsos. Kami hanya menyediakan layanan dan rumah, siapa saja yang mau datang maka akan diterima dengan sangat baik oleh komunitas tantra gratis.

Dikatain GM gaje
Orang lurus akan selalu mendapatkan perlawanan dan tidak disukai, ya itu adalah takdirnya. Itu yang terjadi padaku sebagai GM Xonote di tantra gratis. Setidaknya begitulah image yang beredar diluar. Kalau melihat sejak awal memang benar ada kemungkinan banyak player yang sakit hati dengan berbagai alasan. Ada yang sakit hati karena pernah kena hukuman, ada yang sakit hati karena update dan perubahan in game, atau mungkin ada yang tidak suka secara personal tanpa alasan yang jelas.

"hater gonna hate" aku memilih untuk tidak terlalu melihat kesana dan memilih merangkul teman-teman lain yang paham dan sejalan dengan visi misi tantra gratis. Itu kenapa justru yang bertahan lama atau menjadi player sejati di tantra gratis justru mereka yang menemukan dan datang sendiri ke tantra gratis, bukan dari grup-grup tantra server lain yang pernah ada. Merekalah justru player-player kawakan/senior yang dulu pernah main di TOI dan sangat senang dengan adanya tantra gratis dan mendukung penuh usaha tantra gratis untuk melestarikan tantra online. 

Yang perlu teman-teman ketahui, bahwa niatku aktif mengelola tantra gratis adalah murni untuk melestarikan game tantra online di Indonesia bukan yang lain. Player datang dan pergi, kadang banyak yang online, kadang sangat sepi itu hal yang wajar dan aku sudah mengamati itu bertahun-tahun di tantra gratis. Faktanya kita bertahan sampai detik ini. Tidakkah itu cukup membuktikan niat tantra gratis? ayo berfikir sehat jika ingin membandingkan dengan server privat lain di Indonesia.

Aku mungkin pernah jadi player yang tidak baik, tetapi percayalah aku GM yang baik.
Jika sebagian dari teman-teman ingin melihat sisi burukku sebagai pribadi, pasti itu ada. Mustahil ada orang yang sempurna dimuka bumi ini. Di dunia tantra online aku juga pernah tidak baik tetapi tidak sebagai GM. Sebenarnya sudah sering aku ceritakan ditulisan-tulisanku yang lain, bahwa dulu waktu di TOI aku adalah seorang player yang sangat lurus dan jauh dari kata curang. Hingga suatu masa dimana charku di fitnah habis-habisan, sampai GM TOI harus banned sementara charku untuk pemeriksaan karena banyak player lain yang tidak terima membuat laporan atas asumsi mereka. Pada akhirnya semuanya tidak benar, tidak pernah ditemukan satupun catatan negatif karakterku di TOI, dan memang aku tidak pernah melakukannya.

Tetapi bahkan sampai saat ini kebanyakan orang masih tidak mau percaya dan menganggap bahwa di TOI aku adalah player yang curang. Setelah TOI tutup dan pada masa-masa aku bermain berpindah-pindah diserver-server privat aku mulai jenuh dengan sebutan "cheater" yang bahkan aku sekalipun tidak pernah melakukannya. Akhirnya aku amini dan aku berusaha keras supaya apa yang mereka sebutkan itu benar-benar terjadi. Jadi itulah titik awal aku benar-benar menjadi "cheater" karena mereka menginginkannya dan aku mewujudkannya. 

Selama bermain di server-server privat aku mempelajari bagaimana sistem file tantra bekerja, memanfaatkan bugs, bypass gameguard, dan hal-hal lain yang bisa menguntungkan dari sisi player. Itu aku lakukan berulang di setiap server sehingga aku mendapatkan cukup data yang akhirnya berguna saat kita membangun tantra gratis. Jadi banyak pengetahuan dan pengalaman bermain dulu yang sangat berguna saat ini di tantra gratis.

Jika kalian mendengar hal buruk tentangku maka tanyakan padaku langsung, jika kalian mendengar hal baik tentangku tanyakan pada orang lain.

Jika kalian memang benar-benar cinta dengan game tantra online, setidaknya datang dan cobalah untuk berkontribusi bersama-sama dengan tantra gratis. Tantra gratis tidak butuh uangmu, tantra gratis butuh KAMU! untuk bersama-sama bermain dan mengenalkan game ini ke teman-teman yang lain.

"mungkin aku bukan player yang baik, tetapi aku selalu ingin menjadi GM yang baik"


Salam Gratis

Comments