Wedding checklist atau daftar kebutuhan pernikahan

Tulisan kali ini mungkin agak nyleneh, dari yang biasanya suka nge-bahas game online terus kok tiba-tiba nulis tentang pernikahan. Yah begitulah, saya rasa fungsi sebuah blog memang menjadi sebuah kanvas untuk kita menuliskan apapun yang sedang menjadi ketertarikan kita, baik hanya sebagai catatan penulis maupun sebagai sumber informasi untuk para pembaca. Jadi ya mohon maaf buat sobat-sobat pembaca jika topik pada blog ini dianggap sering meloncat-loncat hehehe...

Topik tentang pernikahan menurut saya memang menarik, disamping karena saya masih bujang alias belum menikah juga karena pernikahan itu adalah sebuah acara sakral. Pernikahan adalah acara sakral dan harapannya hanya akan terjadi satu kali saja pada hidup setiap manusia, kecuali yang setuju dengan poligami. Nah karena itu tidak ada satu orangpun yang ingin acara ini gagal atau "kacau" tentunya, pasti semua orang ingin acara pernikahannya berjalan lancar sesuai yang direncanakan.

Sesaat sebelum saya menulis ini, saya membaca di sebuah forum online yang kebetulan membahas tentang acara pernikahan. Karena saya sudah mendekati masa-masa itu jadi saya jadi tertarik untuk ikut mengupas beberapa informasi tersebut. Saat ini memang saya sudah menemukan tulang rusuk saya yang hilang (ciehhh....) dan mungkin kalau Tuhan memberikan kelancaran tahun depan saya akan melamarnya hag..hag...hag.... :)

Biasanya kan orang-orang sering bilang "no pic = hoax" , jadi nih biar sobat-sobat pembaca tidak mengira saya sedang mengarang kisah fiktif saya kasih liat foto saya dan tulang rusuk saya yang sudah ketemu, hehehe....


Karena alasan itu maka kemudian saya berniat untuk menulis juga wedding checklist di blog ini, supaya kalau nanti tiba saatnya saya tidak harus nyari di google lagi. Tinggal buka blog sendiri dan daftar tersebut masih ada hehehe...

Berikut adalah daftar kebutuhan pernikahan yang harus sobat-sobat penuhi, supaya acaranya lancar dan tidak ada yang terlewat:

Tempat
  1. Tempat upacara pernikahan
  2. Tempat resepsi
Dekorasi
  1. Dekorasi tempat acara pernikahan
  2. Dekorasi pelaminan
  3. Dekorasi rumah
Makanan
  1. Cathering upacara pernikahan
  2. Cathering resepsi
  3. Cathering di rumah
Salon dan Make Up
  1. Test make up
  2. Mempelai wanita
  3. Mempelai pria
  4. Keluarga mempelai wanita
  5. Keluarga mempelai pria
  6. Bridesmaid
  7. Penerima tamu
  8. Pagar ayu
  9. Flower girl
  10. Lain-lain
Gaun/Busana
  1. Gaun pengantin
  2. Asesoris pengantin wanita
  3. Jas pengantin pria
  4. Asesoris pengantin pria
  5. Gaun bridesmaid
  6. Asesoris bridesmaid
  7. Jas bestman
  8. Asesoris bestman
  9. Gaun Ibu (untuk keluarga pengantin wanita dan pria)
  10. Jas ayah (untuk keluarga pengantin wanita dan pria)
  11. Gaun pagar ayu
  12. Penerima tamu
  13. Flower girl
  14. Lain-lain
Bunga

  1. Hand bouquet tangan/ dipegang
  2. Hand bouquet lempar
  3. Bunga bridesmaid
  4. Bunga pagar ayu
  5. Corsage pengantin (untuk dikenakan di jas)
  6. Corsage untuk keluarga pria 
  7. Corsage untuk keluarga wanita

Kue pengantin

  1. Kue untuk dibagi-bagikan setelah upacara pernikahan
  2. Kue di pelaminan
  3. Kue untuk dibagi-bagikan saat resepsi (mingle time)

Mobil pengantin

  1. Mobil mempelai
  2. Transportasi keluarga wanita
  3. Transportasi keluarga pria
  4. Perijinan, keamanan, dan parkir tamu

Dokumentasi

  1. Photo prewedding
  2. Photo liputan
  3. Video prewedding
  4. Video liputan

Kartu undangan

  1. Kartu undangan
  2. Kartu ucapan terimakasih
  3. Kartu RSVP
  4. Kartu nomor meja
  5. Amplop plastik
  6. Label stiker nama
  7. List tamu undangan  dan print
Souvenir

  1. Souvenir dan packaging

Entertain/hiburan

  1. MC upacara pernikahan
  2. MC resepsi
  3. Music /wedding singer upacara pernikahan
  4. Music/wedding singer resepsi
  5. Sound system upacara pernikahan
  6. Sound system resepsi

Pendukung acara

  1. Kembang api / Converti (wedding kiss)
  2. Wine (wedding toast)
  3. Gelas susun
  4. Galeri foto prewedding
  5. Stand foto + foto
  6. Meja Display
  7. Album foto /bingkai foto
  8. Snow machine, bubble machine, dryice machine, firework indoor and outdoor, balon, merpati, dll

Catatan sipil

  1. Catatan sipil


Lain-lain

  1. Cincin
  2. Buku tamu
  3. Alat tulis
  4. Kotak angpao/ kotak sumbangan
  5. Tempat souvenir

Tim pendukung

  1. Koordinator lapangan
  2. Checker alat-alat seperti jumlah piring, gelas, dll
  3. pagar ayu/bagus
  4. Bridesmaid dan Bestman
  5. Pengantin kecil/ flower girl
  6. Penerima tamu
  7. Penerima angpao
  8. Pembawa cincin


Jika kita melihat daftar diatas, bisa membayangkan bukan betapa repotnya jika kita calon pengantin yang harus mengurusnya sendiri. Dari banyak sumber yang sudah mengalami, banyak yang menyarankan kita menggunakan WO (wedding organizer). Beberapa orang juga mengatakan bahwa di WO atau vendor-vendor dipameran wedding punya paket-paket harga yang menguntungkan atau lebih murah. Untuk sobat-sobat yang beragama katolik mungkin ada banyak yang kurang detail, karena memang acaranya agak berbeda. Tapi secara umum daftar diatas susah cukup lengkap.

Untuk pengelompokan pengeluaran besar dalam menyelenggarakan pesta pernikahan sobat-sobat bisa melihat daftar yang sudah saya tulis di 6 hal yang membutuhkan biaya besar dalam pesta pernikahan.


Sumber:
[1] www.kaskus.co.id
[2] Bella Donna The Wedding, 2008.
[3] Inspiration Organizer
[4] www.xonote.blogspot.com



Comments

Post a Comment