6 Hal yang butuh biaya besar pada pesta pernikahan

Ngomongin soal pernikahan tentu saja adalah hal yang sangat menarik karena hampir semua orang akan mengalaminya. Dalam kenyataannya pernikahan tidak semudah yang kita bayangkan. Bagi sebagian orang pernikahan tidak hanya tentang mengucapkan janji sehidup semati, bukan juga tentang selembar kertas, ataupun tentang sah atau tidak sah. Ada hal lain yang sebenarnya lebih berat dari itu semua yaitu yang namanya resepsi, pesta, atau wedding party. Yap, pasti sobat goblog sudah bisa menebak bahwa jaman sekarang tidak ada yang gratis. Kencing saja sekarang bayar apalagi sebuah pesta yang seharusnya hanya dilakukan sekali seumur hidup yang tentu saja akan banyak membutuhkan biaya.

Untuk detail daftar kebutuhan sudah pernah saya tulis di wedding checklist , silahkan di check. Ada dua pilihan dengan masalah tempat yaitu dengan sewa gedung/hotel atau di rumah.  Masing-masing tempat punya kelebihan dan kekurangan yang tentu saja berhubungan dengan kepuasan yang punya hajat. Di gedung lebih praktis karena semua dekorasi biasanya sudah include di dalamnya, sedang kalau di rumah kita membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya untuk tempat dan dekorasi. Untuk masalah keleluasaan tentu saja di rumah lebih unggul, kita tidak dibatasi waktu dalam persiapan, penyelenggaraan, dan selesainya acara. Acara bisa di setting lebih lama tidak seperti di gedung yag biasanya tidak lebih dari 4 jam.

Berikut adalah 5 hal yang membutuhkan biaya besar pada sebuah wedding party:

1) Tempat dan dekorasi
Dekorasi oleh: XIS Decoration

Jika sobat-sobat menyelenggarakan pesta dirumah tentu saja menyiapkan tempat adalah tantangan tersendiri. Sobat-sobat mungkin akan membutuhkan jasa persewaan tenda yang untuk saat ini harganya berkisar dari 15.000,- s/d 50.000,- per meternya. Kemudian sobat-sobat perlu menyiapkan dekorasi untuk pelaminan yang mungkin membutuhkan dana sekitar 5-10 juta rupiah. Jika sobat-sobat menginginkan dekorasi dengan menggunakan bunga asli mungkin biayanya akan membengkak sampai kira-kira 20 juta rupiah. Semakin luas tempat yang sobat-sobat siapkan maka akan semakin banyak biaya yang harus disiapkan.Termasuk harus menyiapkan kursi meja dan sebagainya. Setidaknya sobat-soat harus menyiapkan dana minimal 20 juta rupiah untuk hal ini. 

2) Makanan
Gambar dari google

Ini hal yang paling penting dari sebuah pesta, pasti sobat-sobat akan menjamu tamu-tamu kan. Jika kita simulasi untuk 1000 orang tamu sebenarnya kita sudah bisa memprediksi kisaran dana yang harus kita siapkan. Untuk set prasmanan (buffet) Setidaknya ada 3-4 menu yaitu daging, sop, sambal, dan sayur. Jika di simulasi 1000 porsi dengan harga 20.000,- maka untuk set prasmanan butuh dana 20 juta rupiah. Kemudian jika sobat-sobat menggunakan makanan gubukan (makanan pendamping) seperti bakso, sate, soto, es krim, dll sobat-sobat harus menyiapkan dana tambahan. Bakso 1000 porsi setidaknya 4 juta rupiah, Sate ayam 1000 porsi 4 juta rupiah, es krim untuk 2000 porsi paling tidak 3 juta rupiah. Dengan simulasi satu set prasmanan dan 3 makanan pendamping sobat-sobat minimal harus menyiapkan dana sebesar 40-50 juta rupiah termasuk untuk menyiapkan minuman.

3) Hiburan
Gambar dari google

Hiburan sebenarnya tidak wajib, tetapi biasanya ini menjadi keharusan pada suatu pesta. Ya minimal organ tunggal atau karaoke lah. Untuk organ tunggal dengan dua penyanyi saja paling tidak butuh dana sekitar 5 juta, untuk kelas yang agak gede 10 juta, kalau ada selebriti macam Tejo setidaknya 20 juta. Kalau misal akan mengadakan wayang kulit paling tidak sekarang harus siap dana 30 juta. Jadi untuk hiburan minimal sobat-sobat harus menyiapkan dana 10 juta rupiah.

4) Dokumentasi
Gambar dari google

Dokumentasi yang saya maksud diantaranya adalah photografer dan Kameraman. Untuk rekaman kamera dengan dua video live saja paling tidak sekitar 7 juta, kemudian photografer paling tidak sekitar 3 juta. Jadi untuk biaya dokumentasi sobat-sobat setidaknya menyiapkan dana 10-15 juta rupiah

5) Rias dan busana
Foto ngundhuh mantu owner xonote

Rias dan busana juga membutuhkan biaya yang besar, jadi jangan sekali-kali meremehkannya. Sobat-sobat harus merias setidaknya sepasang pengantin, 2 pasang orangtua, dan 10 pasang among tamu. Jika semua harus dirias dengan salon yang bagus maka biaya akan membengkak. Saran saya sewa dua tukang rias dengan kualitas berbeda. Rias yang bagus hanya untuk pengantin dan orangtua dan Rias yang biasa untuk among tamu. Jangan lupa sobat-sobat harus menyiapkan pakaian untuk mereka semua terserah mau sewa atau membelikan kain karena semuanya sama-sama butuh biaya, Untuk masalah rias dan busana setidaknya sobat-sobat butuh biaya 20 juta rupiah.

6) Undangan dan souvenir
Gambar dari google

Undangan dan souvenir juga perlu sobat-sobat pikirkan, meskipun terlihat sepele tapi dua hal ini membutuhkan banyak biaya. Undangan yang sudah lumayan bagus setidaknya 5000,- per potong. Souvenir ada banyak pilihan sobat-sobat bisa memilih dari harga 1000,- s/d 10.000,- per buah. Yang jelas untuk undangan dan souvenir sobat-sobat minimal harus menyiapkan dana sekitar 10-15 juta.

Itulah kira-kira 6 hal yang membutuhkan biaya besar dalam sebuah pesta pernikahan. Tentu saja banyak biaya-biaya kecil yang tak terduga yang juga butuh disiapkan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sobat-sobat goblog semua. Dari hasil rincian yang sudah saya tuliskan setidaknya sobat-sobat butuh biaya 150 juta rupiah untuk menyelenggarakan pesta pernikahan.

Salam Garuda!

Comments